*ingin selalu belajar sesuatu yang berguna

Cari Blog Ini


Sabtu, 19 Februari 2011

Pengganti rumput lebih indah

Tanaman anda sering jadi tempat berbagai aktifitas? Namun,Anda pun ingin halaman tetap menarik ? Solusinya,hadirkan ground cover.Jenis penutup tanah itu sangat beragam,bentuk dan warnanya.
Pesta-pesta kebun kian sering dilakukan masyarakat sebagai bagian gaya hidup.Untuk itulah mereka menanam rumput di halaman karena tidak gampang rusak terinjak.Sayangnya,rumput menimbulkan kesan sederhana.Seolah bertolak belakang denga rumah yang dirancang mentereng.
Agar taman "sibuk" itu tetap indah,maka peran rumput bisa digantikan oleh ground cover.Meski tidak tahan diinjak,ia bisa dikombinasikan dengan pengerasan dan membuat stepping.Disela-sela stepping itu dihadirkan ground cover untuk mengurangi kesan kaku dan gersang.

Lebih Indah
Sebelumnya,ground cover hanya lazim hadir sebagai border.Padahal,tanaman penutup tanah itupun laik dihadirkan di tengah halaman.Caranya,tanam secara massaldan membuat kombinasi warna.Bila itu dilakukan ,tibul kesan lapang,sederhana,unik,dengan nilai estetika yang menonjol.Pilihan ground cover demikian banyak sehingga terbuka lebar untuk berkreasi.Itu lebih mungkin dilakukan ketimbang rumput.
Dulu ground cover didominasi tanaman daun.Kini muncul beberapa jenis berbunga,misal portulaka besar,kenikir,zinnia,jengger ayam dan verbena.Bermunculan pula jenis daun yang menonjolkan keindahan dan tahan teduh.Misalnya palem waregu mini,aspidistra mini dan kencur-kencuran.
Agar nilai estetika menonjol,pahami sifat tanaman yang dipilih.misalnya, hindari menempatkan indoor di tempat terbuka,atau sebaliknya.Selain itu,letakkan tanaman bersosok pendek di depan yang tinggi,supaya lebih menarik.Buat permainan warna dengan mengkombinasi 3 atau 4 warna daun.Misalnya episcia berdekatan dengan kaemferia dan adam hawa variegata.

Pilih ground cover sesuai kondisi halaman,terbuka atau tertutup.Yang terbuka pantas dihiasi tanaman berbunga.yang ternaungi silakan hadirkan tanaman daun.

Raphis mini
Diantara palem waregu,jenis ini satu-satunya yang bisa dijadikan penutup tanah.Selain pertumbuhan lambat,palem mini ini juga tahan kondisi teduh,kering,serta mudah dirawat.Perakaran dalam menembus tanah sehingga pas untuk menahan erosi.Tinggi hanya 15-25 cm dan rumpunnya padat sehingga mirip rumput.

Aspidistra
Anggota famili Liliaceaeini juga tumbuh merumpun dan rapat.Tinggi 10-15 cm dan berwarna hijau gelap.Tanaman ini dapat menggantikan rumput di tempat teduh.jenisnya banyak,pilih yang berdaun kecil.

Kaemferia
kencur-kencuran ini masih langka menghias taman.Padahal motif daunnya indah dan memberikan nuansa tropis.Tanaman ini pun tahan di naungan dan mudah dirawat.Kelemahannya,ia dorman di musim kering.Namun,dengan sering menyiram,keindahannya dapat dipertahankan

Arachis pintoli
kacang-kacangan ini melejit sebagai penutup tanah.itu karena pertumbuhannya bandel dan berbunga cukup menarik.Sebagai anggota Leguminosae,tanaman ini bisa menambah kesuburan tanah.Cocok ditanam ditempat terbuka supaya memamerkan bunga.Di tempat teduh tanaman ini mogok berbunga.....

Perbanyak Kencur
Anggota famili Zingiberaceae ini belum banyak tersedia di pekebun.Oleh karena itu memperbanyak bibit sendiri bisa jadi alternatif untuk penanaman massal.Ada 2 cara,yaitu pemisahan rumpun dan di tumbuhkan dari umbi.
1.Pisahkan anakan itu,satu pot 1 tanaman setelah 2-4 minggu anakan dipindahkan ke pot 10 cm.2 bulan kemudian siap ditanam di taman.
2.Umbi-umbi seukuran kacang tanah disemaikan dipot yang telah di isi media coco peat atau sekam bakar.

Tidak ada komentar: